Sukses Inkubasi Wirausaha Ning Ita Terima KDI Tahun 2021 Kategori Ekonomi. 

Spread the love

Sukses Inkubasi Wirausaha Ning Ita Terima KDI Tahun 2021 Kategori Ekonomi. 

Mojokerto Kota | Wartakum 7.com – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari atau yang akrab disapa Ning Ita berhasil meraih penghargaan ajang Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2021 dalam Kategori Ekonomi.

Penghargaan ini merupakan apresiasi dari KORAN SINDO dan SINDOnews.com yang tergabung dalam MNC Portal Indonesia.

Penghargaan dari Media nasional ini diberikan kepada para kepala daerah yang melakukan inovasi dan terobosan dalam membangun daerahnya. Acara penyerahan apresiasi digelar di iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (5/11/2021).

Masa pandemi menuntut kepala daerah untuk mengambil kebijakan-kebijakan inovatif di berbagai bidang, salah satunya di bidang ekonomi. Untuk menghadapi hal ini Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari mempunyai inovasi berupa inkubasi wirausaha.

Usai menerima penghargaan, Ning Ita menyatakan bahwa penghargaan ini adalah wujud bahwa masyarakat mau bersama-sama bergandengan tangan untuk membangkitkan kembali ekonomi Kota  Mojokerto.

Ia juga menjelaskan bahwa inkubasi wirausaha ini berawal dari pengalihan usaha para pelaku UKM alas kaki, dari yang semula membuat alas kaki dialihkan untuk membuat masker, hazmat, dan juga produk-produk yang dibutuhkan disaat pandemi. Yang kemudian berkembang  menjadi berbagai jenis inkubasi wirausaha dengan sasaran meliputi 6000 KPM (Keluarga Penerima manfaat).

Ia menambahkan dalam inkubasi wirausaha ini, warga Kota Mojokerto diberi pelatihan intensif sesuai peminatan, pendampingan serta modal usaha dan koperasi sesuai bidang usaha masing-masing.

Lebih lanjut, Ning Ita menyampaikan bahwa melalui inkubasi wirausaha ini mulai terlihat dampaknya. Yaitu, menurunnya tingkat pengangguran, meskipun belum kembali seperti ketika sebelum pandemi.

Demikian pula dengan angka kemiskinan yang sebelumnya cukup meningkat tajam sudah mulai ada penurunan. Dan tentunya, pertumbuhan ekonomi yang sempat terkontraksi negatif 3,93 untuk Kota Mojokerto sudah ada peningkatan untuk satu semester di 2021.

CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam sambutannya menyampaikan bahwa KDI 2021 merupakan ajang untuk memberikan apresiasi kepada Kepala Daerah. ( END ).