Sukses Inkubasi Wiraudaha Pemkot Mojokerto Gelar EXPO

Spread the love

Kota Mojokerto | Wartakum7.com –
Untuk mengenalkan hasil inkubasi.
wirausaha kepada masyarakat luas, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan  menggelar Expo Produk Hasil Inkubasi Wirausaha, UMKM & Koperasi di Atrium Sunrise Mall. Berbagai produk hasil inkubasi wirausaha seperti produk kriya, makanan dan minuman, serta alas ka
ki, dipamerkan selama tiga hari berturut-turut, mulai tanggal 7 hingga 9 Desember 2021.

Expo dibuka secara langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dan dihadiri oleh Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia  Arif Rahman Hakim bersama Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur Andromeda Qomariah pada Selasa (7/12/21) siang.

Wali Kota Ning Ita mengatakan peserta expo ini adalah UMKM Kota Mojokerto yang sudah  kurasi ataupun yang sedang dalam proses pendampingan. Pemkot Mojokerto akan terus melakukan kurasi dan mendorong agar semakin banyak UMKM yang lolos kurasi. Ia menambahkan bahwa dalam inkubasi wirausaha dilakukan dalam bentuk 4P. Yakni, Pelatihan, Pendampingan, Pemberian Modal Usaha dan Pendukungan Koperasi.

Ia juga menerangkan bahwa untuk membantu pemasaran produk hasil inkubasi adalah melalui market place, seperti Bhineka.com, Jubelio, LKPP dan Jatim Bejo. Para pelaku inkubasi wirausaha juga sudah menerapkan  transaksi cashless menggunakan QRIS yang bekerjasama dengan BPD Jatim.

Upaya Ning Ita untuk menggerakkan UMKM melalui inkubasi wirausaha di Kota Mojokerto mendapatkan apresiasi  dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah. Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Arif Rahman Hakim. Ia mengatakan program inkubasi wirausaha ini sejalan dengan program pemerintah untuk RPJMN 2020-2024, yang mentargetkan pertumbuhan wirausaha baru untuk mencapai angka 3,97 persen. Artinya, dalam 1 tahun harus tumbuh 500.000 wirausaha baru.

( END ).